Jumat, 09 Februari 2018

6 Ide Desain Brosur Kreatif Dan Inspiratif

Apa Itu Brosur?

          Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.
          Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik.
Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.

          Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Brosur Kreatif

"Good artists copy, great artists steal." —Steve Jobs

          Bila Anda terjebak pada sesuatu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melangkah menjauh dan melihat sekeliling. Seringkali, inspirasi terbesar datang dari dunia sekitar kita. Perancang yang hebat, seperti seniman hebat, akan menganggap yang terbaik dari apa yang mereka lihat untuk membuat sesuatu yang baru dan unik. Hal lain yang menarik tentang template brosur ini adalah bisa digunakan untuk digital atau cetak. Penerbitan digital membuka kemungkinan baru yang menarik seperti teks bergulir, tautan dalam brosur, video tersemat, dan distribusi yang luas. Misalnya, La Presse, surat kabar Prancis tertua di Amerika Utara, menggunakan penerbitan digital di Lucidpress untuk merevolusi industri surat kabar. Berikut adalah 6 contoh brosur kreatif. 

1.   Redwood Coast Travel Brochure Template

            Brosur lipat dua (bi-fold) ini memiliki ruang yang luas yang didedikasikan untuk foto-foto tujuan perjalanan. Pembaca akan cepat diangkut disana dengan gambar yang immersive. Sampul berbasis gambar itu menarik tapi tidak berlebihan, menambahkan sentuhan yang tepat pada desain cantik ini.

brochure design




2.   Wine Country Brochure Template

          Template brosur lipat tiga (tri-fold) ini sangat sesuai untuk organisasi pertanian atau pedesaan, termasuk kilang anggur, peternakan keluarga, dan organisasi nonprofit pertanian. Desain yang elegan dan bersih membangkitkan keindahan pedesaan yang sederhana.

brochure design



3.   Alpine Vista Travel Brochure Template

          Brosur Alpine Vista memiliki nada petualang yang sempurna bagi perusahaan yang mempromosikan olahraga gunung dan ekspedisi. Sebuah foto yang menakjubkan mengarah ke sampul sementara skema warna kuning menyuntikkan energi positif dan menarik. Juga, tiga divisi untuk tujuan yang berbeda memanfaatkan desain tri-fold dengan sebaik-baiknya.

brochure design



4.   Academic Brochure Template

          Museum, landmark bersejarah, dan organisasi tur kota dapat menggunakan brosur Akademik untuk menghadirkan fitur unik mereka untuk kehidupan. Akademik menggunakan desain tri-fold dan tata letak berbasis bagian untuk menyoroti berbagai situs dan item menarik yang pengunjung atau wisatawan ingin lihat selama mereka menginap.

brochure design



5.   Keynote Brochure Template

          Keynote bergaya dan modern, merangkul desain minimalis yang bisa disesuaikan dengan berbagai industri dan organisasi. Template ini bisa disesuaikan agar lebih panjang atau pendek, tergantung kebutuhan anda. Desain dua kali lipat ini cocok untuk pikiran kreatif yang ingin mencoba sesuatu yang baru.

brochure design



6.   Perennial Brochure Template

          Cocok untuk lebih dari sekadar aplikasi bunga, brosur Perennial sangat cocok untuk organisasi dengan merek musim semi yang ceria, atau untuk acara outdoor yang diadakan saat matahari bersinar.

brochure design






SUMBER:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar