Jumat, 27 Mei 2016

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Manusia dan Pandangan Hidup

Pandangan Hidup  adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya, manusia pasti mempunyai pandangannya masing-masing. Istilah lainnya, pandangan hidup adalah suatu pendapat atau ketetapan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan dan petunjuk hidup.

Menurut Koentjaraningrat, pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat.

Unsur-unsur Pandangan Hidup
- Cita-cita, sering kali diartikan sebagai angan-angan, keinginan, harapan atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Cita-cita merupakan pandangan masa depan atau merupakan pandangan hidup masa depan.

- Kebajikan/kebaikan adalah perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. Kebajikan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah laku, karena tingkah laku bersumber dari pandangan hidup.

- Usaha adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita(tujuan) kerja keras dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani ataupun dengan kedua-duanya.

- Keyakinan/kepercayaan adalah hal yang terpenting dalam hidup manusia


Makna Sikap Hidup
Sikap hidup ialah keadaan hati dalam menghadapi hidup ini. Apakah kita mempunyai sikap yang positif atau negatif? Apakah kita mempunyai sikap optimis atau pesimis?

Sikap itu ada dalam hati kita dan hanya kitalah yang tahu, orang lain hanya baru tahu setelah kita bertindak. Sikap itu penting, setiap manusia mempunyai sikap dan sudah tentu tiap orang berbeda sikapnya. Sikap dapat dibentuk sesuai kemauan yang membentuknya.

Dalam menghadapi kehidupan, manusia selalu menghadapi manusia lain atau menghadapi sekelompok manusia. Ada beberapa sikap etis dan non etis. Sikap etisdisebut juga sikap positif dan sikap non etis disebut juga sikap negatif.


Hubungan Manusia dan Pandangan Hidup

Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran serta hati secara psikologi. Karakter manusia terbentuk dari 3 unsur, yaitu pikiran, hati nurani dan hawa nafsu. Ketiganya ini harus berjalan dengan seimbang dan saling mengendalikan satu sama lain untuk menjadikan karakter yang baik pada manusia tersebut. Maka manusia semasa hidupnya dalam setiap pekerjaan dan kegiatannya selalu menggunakan ketiga unsur tersebut sejak dilahirkan, manusia tentu saja telah memiliki karakter bawaan dari orang tuanya, dan memiliki berbagai macam pengalaman semasa hidupnya sampai dia dewasa. Hal ini yang menyebabkan timbulnya pandangan hidup yang berbeda-beda pada setiap orang.

Pandangan hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya, manusia pasti mempunyai pandangan masing-masing.

Menurut asalnya pandangan hidup dibagi menjadi 3 yaitu:
-Pandangan Hidup yang berasal dari Agama
-Pandangan Hidup yang berasal dari Ideologi
-Pandangan Hidup yang berasal dari hasil renungan


Hubungan Pandangan Hidup Masyarakat

Pandangan ini didasarkan pada pancasila. Dari sini dapat pula diartikan sebagai pandangan hidup dan menghidupi. Manusia hidup dalam hubungan dengan Tuhannya dan dan dalam perlindunganNya. Serta dalam kebudayaan dan serba hubungan menjadikan dunia dan lingkungan lebih menyenangkan dan menjadikan hidup lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar